Sabtu, 13 Juni 2009

LOMBA MENULIS SURAT BUAT PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI

PPWI Award & Lomba Menulis Surat Buat Presiden - Wakil Presiden RI (2009-2014)

Aspirasi kreatif dan jenius baik berupa ide, gagasan, saran, maupun wacana bahkan “curhat” dari warga biasa kepada para pemimpin bangsa ini, sangat dibutuhkan untuk membantu mempercepat akselarasi pembangunan nasional. Sebab, tanpa adanya masukan dan saran dari rakyat (publik) secara langsung kepada pemimpin nasional, para pemimpin bakal kehilangan salah satu kontrol sosial—bahkan sarana introspeksi diri yang ampuh.

Dilatarbelakangi maksud dan tujuan di atas, Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) menginisiatifi adanya “Lomba (Nasional) Menulis Surat Buat Presiden dan Wakil Presiden RI (2009-2014).” Lomba berskala nasional diperuntukkan bagi masyarakat umum, wartawan, pewarta warga maupun pelajar/mahasiswa.

Lomba ini memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah, yang tersedia bagi 3 (tiga) orang dari masing-masing kategori. Khusus Juara I memperoleh hadiah spesial berupa PPWI Award, dan bagi semua pemenang I, II, dan III, diberikan thropi, piagam penghargaan, uang pembinaan, serta hadiah-hadiah menarik dari sponsor. Selain itu, seluruh naskah yang masuk akan dibukukan dan diserahkan kepada Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih (2009 - 2014).

Adapun syarat-syarat mengikuti acara ini yakni:

* Peserta tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti kegiatan lomba.

* Setiap peserta lomba harus memilih tema-tema lomba yang telah ditentukan panitia yakni:

1) Gagasan dan Harapanku pada Presiden dan Wakil Presiden RI (2009-2014).
2) Merindukan Hadirnya Presiden&Wakil Presiden RI (2009-2014) yang Merakyat.
3) Surat Cinta Sejatiku Buat Presiden dan Wakil Presiden RI (2009-2014).

* Lomba ini terkategorisasikan jadi tiga kelompok: masyarakat umum (kategori A), wartawan dan atau pewarta warga (kategori B), pelajar/mahasiswa (kategori C).

* Setiap peserta lomba boleh mengirimkan naskah lomba maksimal 3 buah; dengan catatan karya yang dikirimkan adalah milik sendiri dan dengan mengambil tema yang berbeda antara satu karya dengan karya lainnya dan bukan hasil tulisan kerjasama dua orang atau secara kelompok.

* Naskah lomba maksimal 3 halaman kuarto (A4), spasi ganda dengan jenis huruf Time New Roman, ukuran 12, margin kanan-kiri-atas- bawah standard.

* Naskah dapat dikirim melalui (pilih salah satu):

1) Situs Pewarta Indonesia di www.pewarta- indonesia. com, dengan memasukkan tulisan suratnya ke dalam rubrik “Inspirasi” dan pilih subkolom “Curhat”, dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai penulis DI SINI;

2) Langsung melalui e-mail ke: redaksi@pewarta- indonesia. com This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it ; atau

3) Print-out (hard-copy), ketikan komputer, mesin ketik, atau tulisan tangan, dikirim melalui pos atau jasa pengiriman lainnya ke alamat Sekretariat Panitia Lomba seperti tercantum di bawah pengumuman ini.


* Aspek penilaian terdiri atas:

1) Orisinalitas ide atau gagasan;
2) Gaya bahasa dan estetika;
3) Tata letak dan penggunaan kaidah Bahasa Indonesia yang benar;

* Setiap karya yang dikirimkan (via email, situs, pos) agar dicantumkan data singkat penulis berisi nama lengkap (beserta gelar kalau ada), tempat/tgl lahir, pekerjaan, nomor telepon/HP dan email serta tempat dan tanggal pembuatan surat tersebut, di bagian akhir surat.

* Lomba dimulai pada tanggal 16 Juni 2009 dan berakhir pada tanggal 20 Oktober 2009 pukul 12.00 WIB (cap pos untuk kiriman via pos).

* Pengumuman pemenang akan dilakukan melalui situs: www.pewarta- indonesia. com pada tanggal 1 November 2009 dan pemberitahuan melalui email atau pertelepon kepada para pemenang.

* Keputusan dewan juri tak bisa diganggu-gugat (dewan juri terdiri atas jurnalis, akademikus, novelis).

Sungguh rugi lho kalau tak mengikuti lomba ini, inilah kesempatan emas Anda untuk bisa "bercurhat" dan menyampaikan aspirasi serta gagasan kepada orang nomor satu dan dua (Presiden dan Wakil Presiden RI) di negeri ini. Ayo buruan ikut; ajak famili, rekan, handai tolan dan siapa saja untuk bisa mengikuti perlombaan yang sangat istimewa dan luar biasa ini !!! (**)


Sekretariat Panitia:

Alamat 1:
Gedung Dewan Pers (Jakarta Media Center) Lantai 5
Jl. Kebon Sirih Raya Nomor 32 – 34 Menteng
Jakarta Pusat – Indonesia, 10110;

Alamat 2:
Redaksi Explore Indonesia
Jl. Danau Diatas No. 94 Bendungan Hilir
Jakarta Pusat, Indonesia, 10210

e-mail: redaksi@pewarta- indonesia. com This e-mail address is being protected from spambots, you need JavaScript enabled to view it
Telepon: 021-3341766, 5705101, 5708725
Fax: 021-5745224;
PO. BOX 53 JKPJJ.
Handphone: 081371549165 (Shony), 081584021244 (Andy);
Website: http://www.pewarta-indonesia.com

1 komentar:

  1. Wah seru sekali salam kenal dari teman-teman di http://www.penuliscilik.com

    BalasHapus